Rabu, 18 Mei 2016

Tentang Tidur Anak Yang Perlu Orang Tua Ketahui

Tidur yang berkualitas bagi anak, tidak hanya menghindari agar anak tidak rewel, namun juga membuat tubuh anak sehat dan tumbuh kembangnya tidak terhambat. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, otot-otot si kecil termasuk jantung memperbaiki dirinya saat tidur. Tidur juga dapat mengontrol sinyal yang memberitahu rasa lapar dan kenyang, sehingga sangat baik untuk menjaga berat badannya. Maka dari itu, penting bagi orang tua mengetahui tentang tidur anak, diantaranya:
 
1.      Meningkatkan kemampuan otak
Tidur merupakan bagian penting yang harus dimiliki semua anak, untuk menunjang kinerja belajarnya dan membantunya memberikan perhatian lebih saat belajar di sekolah. Anak akan menyelesaikan tugasnya dengan cepat dan lebih baik.

2.      Durasi tidur anak
Untuk bayi, pastikan Ia memenuhi jam tidurnya 11-14 jam per hari. Untuk anak usia 3-5 tahun membutuhkan durasi tidur sekitar 11-13 jam per hari. Anak usia 6-13 tahun mendapatkan tidur  9-11 jam per hari. Sedangkan untuk anak remaja setidaknya mendapatkan waktu tidur sekitar 9 jam per hari.

3.      Tidur siang
Durasi tidur siang anak berbeda-beda, biasanya mereka menyesuaikan dengan durasi tidur yang diperolehnya pada malam hari. Namun, rata-rata anak akan melupakan tidur siangnya saat menginjak usia lima tahun, biasanya pada umur lima tahun ke atas, jika  anak tidur pada siang hari, berarti bisa menjadi pertanda Ia tidak mendapatkan tidur malam yang cukup.

4.      Mengatasi anak sulit tidur
Banyak hal yang membuat anak sulit tidur, tapi bukan berarti orang tua harus memaksakan anak untuk tidur tanpa mengetahui kenapa alasannya. Jika anak sudah bisa diajak berdiskusi, maka cari tahu penyebabnya misalnya Ia kurang nyaman dengan suasana kamarnya, kita bisa merencanakan bersama mengenai kamar yang diinginkannya, atau memulai dengan hal utama memilihkan matras yang memiliki kenyamanan yang sempurna dan dapat menunjang tidur sehat bagi anak, juga memiliki teknologi anti alergi, bakteri, dan kuman, seperti matras Serta. Selain itu, orang tua bisa melakukan hal yang sederhana seperti mandi yang menyenangkan, menyikat gigi, dan hal lainnya dengan syarat si kecil akan tidur setelah melakukan aktivitas tersebut. Orang tua juga bisa melakukan ritual yang menenangkan bagi anak, salah satunya dengan menceritakan dongeng sebelum tidur dengan keadaan lampu yang redup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar